Situs no copas yaaa

This Blog!

kamu suka baca cerbung? suka baca cerpen? disini tempatnya!! Karya Icillovers disini. Bisa kirim cerita juga lohh..^^Join With Us yaa :)

Minggu, 23 Desember 2012

Cerpen Keluarga: Mamah..

Halau. Ini Cerpen.
Murni karya ane. Maap jelek, jeleeekkk banget. Amatiran. Oke, Ini dia!!
Happy Reading.
Jangan kaget.
Jangan baca cuma nyampe tengah, ketauan ga seru, terus exit. Huaaaa itu terserah sih, nguekekekek.

Genre : ??
Cast :
- Alvin - Riko  -Tante Amel - Ray - Rio - Gabriel - Bastian - Mamah Alvin dan Riko - Cakka

Author : Biasa, ada dibawah :)

Cekidot!!

 . . .

"Alvin!!" teriak seseorang dari luar kamar gue. Gue mengerutkan kening dan berusaha membuka guling yang nutupin kepala gue. Mata gue masih nutup. Tapi suara itu udah ga kedengeran lagi, ya gue kira udah selesai manggilnya.
"ALVIIN!!" suara itu membahana lagi. Kali ini disertai gedoran dari arah pintu. Gue yang lagi berusaha ngumpulin nyawa duduk dan mengucek mata gue, gatel. biasa, efek bangun tidur.

"ALVIIIN Kamu baik-baik aja kan?? Bangun sayaang,"

"Iya tante Alvin udah bangun"
dalem hati gue:'bah!! Cerewet amet ni orang'

"Tante ada kabar buat kamu. Buka dong pintunya"

"Buka aja tante"

"Kalo tante bisa bakalan tante buka. Ini dikunci Vin.."

Oh iya gue lupa. dengan seperempat nyawa yang gue kumpulin gue ngacir ke pintu dan..*ceklek*

"Yaampun!! Semalem kamu tidur kayak gimana sih? Kok kamarnya berantakan banget?" protes tante gue, tante Amel namanya.

Gue diem dan balik ke ranjang. gue duduk dikaki ranjang. Tante Amel duduk diatas kursi meja belajar gue. Pintu masih kebuka. Cuma sinar matahri yang nerangin kamar gue. Lampu rusak, semalem gelap banget.

"Berita apaan sih tan?"

"Mamah kamu, Vin. Semalem tante ditelfon rumah sakit jakarta, katanya keadaan mamah kamu mulai membaik. Dia bisa dirawat dirumah sekarang." Gue cuma ngangguk2 dengernya. "Kamu gimana??"

"Gimana apaya tante?"

"Kamu bakalan temenin mamah kamu di Jakarta?" Gue diem, nunduk, bingung. Tante Amel natap gue nunggu jawaban. Tapi gue bingung!

Gue pindah ke Jakarta? Gue udah betah di Bogor. Gue gabisa iggalin grup dance gue bareg Bisma, Gabriel, Ray, ama Bastian. Gue ga bisa inggalin tate gue karna gue udah terlanjur sayang sama dia. dua tahu gue disii da sekarang gue harus pidah ke Jakarta? Kota pait buat gue!! Gue ga bisa ninggalin temen2 gue disekolah bogor. Gue udah terlanjur betah dibogor. Bogor kota mais buat gue. Semua kejadian manis asli semuaya ada dibogor, bukan Jakarta. Jakarta tempat gue ditinggal almarhum Ayah gue, tempat gue kehilangan kasih sayag dari mamah gue, tempat gue nyaksiin kakak gue yang ugalugalan, berantakan, tempat gue.....terlatar. Tapi gimana? Gue masih sayang sama nyokap!! eeergh!!

"Alvin?" tante Amel  ngebanguin gue dari lamunan. Gue kaget dan melirik tante Amel. "Gimana keputusan kamu?"

"Alvin..Alvin..gatau tante" gue jawa enteng.

Tante Amel ngedeketin gue dan duduk disebelah gue. Dia gelus pelan punggung gue. Lama gue ga ngerasain kayak gini. da sekarang, gue harus gerasai ini bukan dari mamah, tapi dari tante.

"Tate saranin mending kamu kembali ke Jakarta. Kasiha mamah kamu. Dua tahun dia ga ketemu sama kamu, dan mungkin dia kehilangan kamu"

"Tapi tan, Alvin..."

"Vin, dengerin tante. Tante tau Jakarta itu banyak nyimpen kenangan buruk buat kamu. Tapi ayolah Vin. BUkan maksud tante maksa kamu pergi dari rumah tante buat ke Jakarta. Tapi kamu ingte kan? Mamah kamu janda sekarang. Dia..punya gagguan kejiwaan berat. Dia butuh keluarga, dan cuma kamu satu-satunya"

Gue berfikir. Kak Riko? Dia kakak gue!! Kemana kak Riko? Kenapa dia ga peduli sama keluarganya, termasuk gue? Bener bener kakak yang ga punya taggung jawb!! Apa dia ga dapet kabar kalo mamah udah membaik? Atau, dia lupa puya keluarga?

"Alvin..Jangan terlalu dipikirin. Mamah kamu udah nunggu kamu disana. Gimana?"

"Alvin bakalan balik ke Jakarta tate, tapi Alvin ga janji bakal jagain mamah tiap hari. Alvin butuh udara bebas, tan.."

"Vin, kamu janga terlalu ngandelin Riko lah. Kamu tau kan Riko gimana? harusnya kamu bawa kakak kamu masuk ke hidup kayak dulu. Kabarin kakak kamu, kalo mamah udah membaik. Jangan buang waktu, Alvin.." kata tante Amel dengan lembutnya.

"Tapi kak Riko ga peduli sama Alvin tan!! jgnkan sama Alvin, sama mamah aja dia ga peduli"

"Maka-nya. Kamu satu2ya orag yang peduli sama mamah kamu..Mamah kamu butuh kamu. Pulang Vin, Jagain mamah kamu baik2. Karna dia, satu2nya harta terbesar dihidup kamu"

"hhh..." gue mnghela nafas agak panjang.

"Riko sendirian dirumah Jakarta. Ga mugkin kamu setega itu ninggalin mamah kamu berdua sama Riko kan? Tante tau persis Riko itu gimana, dan dia bukan kamu" gue masih cengo dengernya. "Buat masalah keperluan kamu dijakarta, hubungin tante. Tante kirim apapun yang kamu perluin"

Gue ngangguk mantap. Emang sih, itu yg daritadi gue pikirin. Siapa yg mau nanggung hidup gue, ka Riko, sama Mamah diJakarta coba?? Tante ame senyum ke arah gue. Gue balik senyum dan berdiri tegak dipinggir kasur.

"Oke tante. Pagi ini, Alvin pergi ke Jakarta jemput mamah. Makasih tante buat semuanya. Alvin ga akan pernah lupa sama Bogor, terutama rumah ini!!"

Tante amel ikut berdiri dan.....dia meluk gue!! hangat. hangat sekali. Gue ngerasa nyaman. Belum pernal 'lagi' gue ngerasain pelukan senyaman dan sehagat ini. terakhir waktu gue kecil, sekitar umur 7-9 tahun, saat semuanya masih biasa aja.


SKIP

SKIP
SKIP

"HAH?!! Ke Jakarta? Katanya lo bakalan netep dibogor? Lu gimana sih!!" Protes Ray, salah satu member grup dance gue.

"Nyokap gue udah baikan Ray,"

"Emang nyokap lo sakit?" gue ngangguk jawab pertanyaan dari Gabriel. "Sakit apaan?"

"Gangguan jiwa, sejak 2 tahun lalu"

"Kan dijakarta ada kakak lo, kak Riko..napa harus lo yang kesana juga??" Ray nanya lagi. Cot banget deh, kepo abis nih orang.

"Enak ya lo punya mamah tinggal serumah. Lo fikir gue gamau apa yaa diperhatiin sama nyokap?"

"Bokap lo?" kali ini Bisma.

"Itu yang nyebabin kenapa nyokap gue masuk rumah sakit jiwa. Bokap gue.....meninggal. Dan, nyokap gue syok berat dengernya. Semenjak itu, kak Riko jadi berantakan karna ga ada yang merhatiin. Gue capek tiap hari harus berdebat sama kakak gue sendiri..makannya gue pindah ke bogor"

"Kok lo ga pernah cerita sih sama kita kalo diJakarta lo kayak gitu?" Bastian yang tanya.

"Aib keluarga gue"

"Terus sekarang beneran lo mau ke Jakarta?" bastian lagi.

"Ya..iya. Sorry gue kayaknya mesti keluar dari grup dance" gue ngomong itu ga enteng, berat men.

"Kenapa harus keluar? Kita anggap lo absen"

"Sama aja Bis. Gue keseringan absen malah bikin jelek nama grup kita!!"

"Engga Vin. Lo kejakarta kan bukan buat cari grup lain??? Tapi demi nyokap lo!! Dan..ga gampang buat nyoret nama lo dari grup ini" Ray lagi ngomong ke gue.

"Iya. Dan grup kita tuh udah solid banget, kemanamaa bareng, kompak. Ehm...lo ga perlu lamalama deh sama kita. Nyokap lo pasti nunggu disana. hati2 ya men, jangan lupain kita" kata Gabriel meluk gue dan nepuknepuk punggung gue tanda persahabatan.
"pasti" satu kata jawaban, tapi oke.

Skip
Skip
Skip

Ini dia, Jakarta. Kota kelahiran gue, plus kenangan kelam buat gue. Gue berhasil iklash ninggalin kota Bogor, kota manis dihati gue. Sekarang dunia gue berubah, di Jakarta. Gue harus kembali ngerasain yag namaya Pahit lagi, malah mungkin lebih dari pait. Gue ngga berharap itu terjadi sama gue. Gue capek terus2nya dapet masalah yang gatau kapan kelarnya.

Nah, Sekarang gue ada didepan rumah besar tingkat 2 bersama satu orang dikursi roda yang sedang gue dorong masuk menuju terasya. Tepat. Itu nyokap gue. bener aja. Nyokap gue ga separah dulu. Dulu, dia sering ngamuk ngga jelas. Sekarang, jiwanya mulai tenang..Mamah..Alvin kangen mamah..kangan senyuman, pelukan, semuanya dari mamah..mamah cepet sembuh, Alvin berharap.

`ceklek` seorang cowo dengan kaos hitan dibalut kalung perak dilehernya membukakakn pintu setelah gue ketuk pintunya. Laki-laki itu terlihat keheranan melihat kedatagan gue dan mamah. Yap!! Itu Riko, kakak gue.

"Alvin? Mamah?" Riko kaget.

"Kaget kak?"

"Mamah udah baikan?" tanya kak Riko melirik mamah. Mamah diem aja. Iya, semenjak dari rumah sakit, mamah jadi autis..kayak susah nanggepin sesuatu. Tp itu lebih baik daripada mamah harus ngamuk setiap saat.

"Kemana aja kak!! Jadi orang ga peduli sih!!"

"SHHIT!!" ka Riko rada ngedeketin mulutnya ke kuping gue dan..dia bisikin sesuatu. "Sembarangan banget lo bawa mamah pulang"

"Emang mama udah baikan ko"

"Tapikan belum sepenuhya?"

"Lo ga kangn sama mamah??" tanya gue yang make bahasa 'lo-gue' ke kakak gue sendiri. Emang gue kesel!!

"Heh, lo tau ga sih kalo mamah sendirian dirumah, dia kabur2an terus ngamuk ke tetangga gimana?"

"Gue yg jagain mamah"

"Lu ga skolah?"

"Gue bakal lanjut sekolah..kalo mamah udah puliih"

"Gilalo, dicap bego mampus lo!!"

"Terserah aja" gue cuek. Kak Riko kembali menjauh dari kuping gue dan berlutut dihadapan mamah.

"Mah..mamah inget Riko?" mamah biasa, cuma diem. "Mah? Ini Riko mah!!"

Kak RIko kembali berdiri dan berbisik lagi ditelinga gue yang mulai panas!! "Kok dia ga jawab pertanyaan gue?"

"Lupa kali sama lo. Udah ah minggir lo!!"

Riko minggir. Gue dorong kursi roda yang bawa mamah ke kamar dekat dapur. Keadaan masih sama, tata letak ga ada yang beda. suasana sama. ga ada yang berubah. bahkan kelakuan riko masih sama kayak dulu. Ga ada perasaan kasian, ga tega, atau gimanapun. Dia masih kasar.

Gue bawa mamah ke kamar kak Riko. gue tau, emang itu kamar kakak gue. Tapi gimana? Cuma kamar ini yg letaknya strattegis. Gue gendong mamah pelan pelan dan gue tidurin mamah diranjang. Gue selimutin. Mamah masih keliatan bingung. Oke, mungkin dia lupa gue anaknya dan ini rumahnya.

"mah, mamah istirahat ya. Alvin harus banyak ngobrol sama kak Riko"

"Apa? Riko itu siapa?" tanya Mamah. benerkan dugaan gue. Mamah lupa sama kak Riko!!

"Riko itu..anak mamah. Kakaknya Alvin mah"

"Nama kamu Alvin?" buset bujubuneng mamah juga lupa sama gue!! Gue sebenernya nyesek, masa gue dilupain ibu gue sendiri? :(

"Iya mah..ini Alvin. Alvin anak mamah. Riko itu..kakaknya Alvin. Dia juga anaknya mamah" jelas gue. Mamah keliatan bingung banget. "Yaudah mah, mamah istirahat aja yaa..Alvin keluar dulu"

Mamah ngangguk. Gue berdiri setelah gue cium kening mamah gue. Gue pergi keluar kamar, gue tutup pintunya rapat-rapat. baru gue balik badan setelah nutup pintu, Riko udah ada dibelakang gue.


"Rik, beruntung lo masih punya mamah. masih ada nama yang bisa lo banggain" sambut gue. Riko geram keliatannya.

"Vin!! Kok lo tempatin mamah dikamar gue sih?"

dalem hati penulis:ganyambung deh lo Rik -____-

"Mamah tuh sakit!! Cma kamer lo yang deket sama semua ruangan!! Sanggup lo bolak balik turun tangga gendong mamah hah!!??"

"Ya itu kerjaan lo!! Gue ga minta ya ngurusin mamah dirumah!!"

"Heh emang jadi kakak ga ada peduli2nya ya lo!!"

"Anjrt!! Parasit banget lo!! Nyusahin!!"

"Lo tau ga sih mamah siapa? DIA NYOKAP LO RIKO!! Nyokap yang udah ngelahirin lo!! Sekarang dia agi kayak gitu, lo  tega biarin dia sendirian hahh!!?"

"Itu sama sekali bukan urusan gue!!"


"Bangst lo!! Emang lo kakak brgsek!! Kerjaan lo selama ini apa? Mabok? Clubbing? Make obat!!??" bentak gue makin keras.

"Kurangajar banget lo sama gue!! heh gue kakak lo, gue juga harus lo hormatin selain mamah lo!!"

"Mamah gue mamah lo juga Rik!!" gue kesel banget deh.

"ITU kata LO!!"

"Jadi menurut lo engga??!!"

"Gue ga bilang gitu bego" riko jawab enteng.

"Loo ga peduli nyokap lo yang menderita dirumah sakit jiwa hAHH!!??? Bayangin kalo lo jadi dia, lo ditinggal istri lo, lo gila, lo ditinggal anak apa rasanya? Pait Rik PAIT!! Otak lo emang ga pernah berfungsi Rik!!"

BUK!! Langsung dia menghajar pipi gue.Gue cuma membuang pipi kesamping karna reflek tonjokannya Riko. Riko dorong bahu gue ke tembok depan kamar nyokap gue. dan..BUK!! ia ngulangi mukul gue.

"LO YANG BRGSEK!! LO YANG BGSAT!! LO GA PERNAH TAU GIMANA GUE DIJAKARTA SENDIRIAN KAN VIN? GUE DISINI JUGA MENDERITA!! TAU LO?!! HAH?? GUE LEBIH SAKIT DARI INI, DARI YANG LO RASAIN!! TAU LO TAU!!?" gue rasain bentakannya ditelinga gue.

DUG!! Dia jambak poni depan gue terus dia dorong kepala gue ke tembok. sekali, gue ngerasa pusing dan gabisa apa2 saat itu. DUG!! Dia ngulangin lagi dan DUG!! Tiga kali dia mukul kepala gue ke tembok, keras, keras sekali.

"Vin lo tau?? Itu belum sebandng sama apa yang gue rasain dijakarta. Dan iini, ini biar lo ngerasain gimana jadi gue!!"

BUK!! Sekali lagi dia mukul gue. Kali ini di pipi sebelah kiri. Gue bener2 lemes dan hapir pingsan. gue liat riko lagi ambil ancang2 buat mukul gue lagi..tapi...

"Rik cukup Rik, gue..gue...."
BRAK!! Gue jatoh dan semuanya gelap!!

**

Belum sempat gue nikmatin semua ruangan dirumah ini, gue udah dapet perlakuan kasar dari kakak pertama gue. Dan ini bukan pertama kalinya. Dulu, gue lebih sering dapet hantaman2 keras dari kak RIko. terakhir dia pas seminggu setelah bokap gue meninggal. Dia mukulin gue pake gagang sapu, lupa karna apa. Nyokap gue udah masuk RSJ. Riko nyekek gue sampe gue hampir mati. Dia...ah semuanya kelam. Susah buat gue ceritain. Pokoknya itu sakit, sakit banget. Dan beberapa hari setelahnya, gue pindah ke Bogor!! dengan luka yang masih ada-

**

Gue bangun.
Remang-remang gue natap seisi rungan dari ujung ke ujung.
Ngga gue temuin siapa-siapa didalem ruangan ini. Gua ada dikamar gue sendirian.
Gue tebak,
Pasti Riko yang bawa gue kesini. Gue membenarkan posisi setengah duduk. Gue lirik jam. Masih jam 4 sore.

BRAKK!! BRUKK!! PRAAANGG!!!

"aaaaahh!! AARGH!!" gue denger suara teriakan orang dan barang-barang pecah.

MAMAH!! Mamah ngamuk lagi!!? Gue langsung berdiri dan buru-buru keluar kamar. Gue liat keadaan dibawah lewat pager penyangga lantai dua.

"MAMAH!! Mah.." Teriak gue. Ga pake basa-basi gue lari turun tangga mendekati nyokap gue yang lagi banting-banting vas bunga, benda-benda lain.

"Aaaaaargh!!" mamah teriak menjadi-jadi.

Gue dibelakangin sama Mamah. Langsung gue peluk tubuh mamah dari belakang dan nyeret mamah ke ruang tamu. Mamah ngebrontak. Nyoba lepas dari pelukan gue. Tangannya meronta-ronta.

"Mah, mah, ini Alvin mah ini ALVIN!!" gue berusaha tenangin Mamah.

Tapi mamah terus terusan nyoba kabur dan banting-banting barang lagi. Gue.. nangis. Mamah mengayunkan kakinya nendang-nendang betis gue kebelakang. Gue tahan. Mamah mainin tangannya. Dia jambak rambut gue. Gue udah ngga kuat nahannya. Akhirnya gue lepasin mamah dari pelukan gue. Gue hanya menutup wajah, nangis, tenggelam dalam suasana. Gue buka lagi wajah gue. Gue baru ngeliat langsung Mamah ngamuk dirumah ini (lagi).

"MAMAH!!" teriak gue pas gue tau, mamah ngambil pisau diatas meja dan ngarahin pisonya ke urat nadi dipergelangan tangannya. Gue lari mendekati mamah dan..

SRET!! "AARGH!" gue teriak kesakitan. Piso berhasil gue pegang. Tapi tangan gue?? Biarin. Demi Mamah. Gue buang jauh-jauh pisaunya. Gue masih nahan rasa sakit didepan meja ruang tv. Nyokap gue pergi lagi, pindah dari ruang tv.

PRANG!! Gue ngelirik ke arah kamar Riko. Karna penasaran gue masuk ke kamar Riko dan..

"Mah, Jangan Mah!!" Gue sebisa mungkin cegah mamah mencahin botol-botol minuman milik kak Riko didalam lemari.

"Eerrrghh~~" Mamah teriak sambil ngacak-ngacak sepre dan ranjang kasur Riko.

Ah, ide bagus!! Gue segera ambil tisu, gue tumpahin sedikit minuman punya Riko ke tisu itu dan..

HOP!! Gue berhasil membekap mulut Mamah. Mamah diam.. Dan nggak lama.. Dia pingsan dipangkuan gue. Matanya kembali terpejam. Diwajahnya tercecer darah dari tangan gue. Rasanya... sakit harus membius Mamah sendiri. Tapi, gue ngga mau dapet hantaman lagi dari Riko, gue nggak mau.

**

`ceklek`
Gue membuka pintu ruang rawat kamar Edelweiss kelas 2 nomor 5. Ya, tempat nyokap gue dirawat. Gue jalan mendekati ranjang. Gue lihat, Mamah terbaring lemes diatas ranjang dibalut dengan infusan ditangan kanannya. Sama kayak luka gue, ditangan kanan. Gue duduk disisi ranjang, diatas kursi.

`tut tut tut tut tut` hanya bunyi itu yang kedengeran. bunyi detak jantung mamah dari sebuah alat diatas meja disamping ranjang. Gue melirik benda itu. Terlihat garis keatas kebawah berjalan dilayar alat itu. Gue kembali melirik Mamah dan menggenggam erat tangan kanan Mamah yang dibalut dengan infusan.

Gue peluk tangan mamah dengan dua tangan gue, tulus. Gue ngga bisa bayangin. Selama dua tahun pengurus Rumah Sakit Jiwa yg nanganin Mamah harus menghadapi amukan Mamah yg terjadi hampir tiap hari. Gue, gue ngadepin sekali aja.. udah luka-luka. Gimana mereka? Gue salut.

Gue melirik arloji hitam ditangan kanan gue, tepat dibawah luka. Masih menunjukkan jam 5 sore lebih. Gue menghela nafas kemudian berdiri dan menaruh tangan Mamah diposisi semula.

"Mah, Alvin tinggal dulu." kata gue gatau ngomong sama siapa. Gue pergi keluar kamar dengan niatan mencari makan.


Sampe gue diparkiran, gue berjalan menuju kantin rumah sakit. Sebenernya rada khawatir juga, takut Mamah sadar, tiba2 ngamuk. Tapi enggak. Kata dokter, Mamah... Mamah koma.

Dikantin, gue ngeliat segerombol remaja lagi asik-asiknya bercandaan bareng. Gue biasa aja. Gue masuk ke kantin dan melihat jelas, siapa segerombol remaja itu dikantin rumah sakit??
Ah!! Gue kenal salah satu diantara mereka. RIKO!! Iya, RIko. Setan!! Nyokap lagi koma, dia asik-asikkan sama temen-temennya. Bener-bener bukan manusia. Dengan geram gue nyamperin mereka.

BRAK!! Gue pukul mejanya keras-keras. Mereka terdiam dan gue pusat perhatiannya.

"Alvin?!" Riko membuka percakapan. RIko berdiri, menarik tangan gue pergi menjauh dari gerombolannya. Gue biasa aja. "Ngapain lo disini?!"

Kesel gue. Langsung gue cengkram kerah kemeja Riko dan gue deketin muka gue ke mukanya. Gue natap sinis mata dia. Dalam, dalam banget.

"Enak ya lo ngumpul2 sama temen. Lo tau, gue ngapain disini!!?!"

"Nyokap masuk Rumah Sakit!?!" tanya Riko.

"Eh, Rik. Harusnya ngga perlu lo tnya sama gue, harusnya gue yang tanya sama lo. Sekarang Mamah lagi koma, lo malah ketawa-ketawa disini!! MAKSUD lo apa!?? Lo Mau mamah mati!!?"

Riko menepis tangan gue. Gue melepaskan cengkraman gue. "Sori ya Vin, gue tegasin sekali lagi. Gue ngga minta Mamah dipulangin dari Rumah Sakit Jiwa. Masih belum ngerti lo!!?"

BUK!! Tanpa basa-basi gue yang kesel langsung menghantam keras pipi Riko. Riko sponta memalingkan wajahnya ke kanan lalu kembali ke arah gue.

"Belum puas? Pukul lagi, pukul SEPUAS lo!!"

BUK!! Gue kembali menghantam pipi Riko. kali ini lebih keras.

"WOI!!" Seorang cowo, kawan Riko, mendekati gue dan mendorong bahu gue. Dia berdiri dihadapan gue, disebelah Riko. "Apa-apaan maksud lo? Main fisik gitu. Dia kakak lo kali!!"

"Dia yang minta gue tonjok. Begok banget kalo lo belain dia!!" Gue langsung pergi keluar kantin. Gue ngga nafsu, gue kembali lagi ke kamar nyokap gue dirawat.


"Dia Alvin, kan Rik? Adek lo?" Tanya cowo berjaket kulit. Riko kembali duduk, ngumpul sama temen-temen segerombolannya. Riko mengangguk.

"Terus, ngapain dia disini?" tanya temen yg lain. Riko menggeleng. Seperti keinget sesuatu. "Nyokap lo disini??"

"Apaan sih kepo banget. Gue cabut." Riko berdiri dan berlalu.

**

Gue kembali masuk ke kamar berukuran 4 x 5 meter ini. Gue jalan pelan-pelan mendekati ranjang. Oh Tuhan!! Gue lihat Mamah. Mamah udah duduk tegak diatas ranjang, melamun, menatap jauh dinding didepan ranjangnya.

"Mamah???" Gue memanggil dan mempercepat jalan gue. Mamah pelan-pelan melirik gue.

"Alvin??"

Gue langsung meluk Mamah erat, erat banget. Gue nangis dipelukan Mamah, nangis sejadi-jadinya. Mamah balik meluk gue dan.. dia ngelur punggung gue. Ini udah lama ga gue rasain. Gue kangen saat2 kayak gini. Dan ini, baru gue rasain, lagi.

"Mah, maafin Alvin mah.."

"Alvin salah apa sama mamah?? Mamah yg minta maaf, Vin.."

Gue lepasin pelukan Mamah. mamah berhenti mengelus punggung gue. Gue mambalas tatapan mamah yang dalam menatap mata gue. Gue senyum, membalas senyum Mamah.

"Mah, Mamah udah inget, sama Alvin?"

"Mamah nggak akan pernah lupa sama kamu, Vin."

"Mamah inget semuanya?" tanya gue seneng. Seneng banget. Mamah mengangguk mantap. Air matanya jatuh perlahan. Gue menatap lirih.

"Vin, muka kamu kenapa? Memar semua.."

Gue langsung megang salah satu luka dimuka gue. "Oh, ini? Ini.. hm....,"

`ceklek` gue denger seseorang masuk ke kamar tanpa permisi. Tanpa melanjutkan alasan, gue nengok ke belakang. Gue lihat.. RIKO! Riko masuk ke kamar Mamah. Begitu sampe dideket ranjang... Mamah memanggil, "Riko?"

Riko mendekati mamah dan memeluknya erat, sama kayak pelukan gue. Gue rada mundur. Gue hapus air mata gue. Gue senyum.

"Mah, Riko minta maaf. Riko.. Riko..."

"Engga Ko, Mamah yang minta maaf sama Riko. Maafin Mamah ya, Ko?" Mereka saling melepaskan pelukan. "Mamah udah inget sama Riko, sama Alvin juga."

Riko melirik gue dibelakangnya. Dia berdiri tegak dan menghadap gue. "Vin, gue minta maaf soal kejadian tadi."

Gue masih sinis. Gue diemin RIko yang minta maaf sama gue. Dia keliatan... tulus. Tapi gue males nanggepinnya. Dia udah ngebuat luka dimuka gue, dan segampang itu dia minta maaf? Enggak.

"Vin, plis. Maafin gue, ya??"

Gue ngga ngirauin. Gue deketin mamah dari pinggir ranjang. "Sekarang, kita kembali ke hidup yang dulu, hidup yang sempurna. Alvin janji, nggak akan kecewain mamah, kayak dulu..."

"Iya, mah. RIko juga janji, bakalan selalu jagain mamah. gimanapun keadaan mamah dan dimanapun posisi Riko. Riko juga bakalan tanggung jawab buat Alvin."

Gue ngeirik Riko. Riko yg dilirik balik ngelirik gue. Dia senyum, gue sinis.

"Vin, Maafin kakak kamu, susah ya??" tegur Mamah. Gue menghela nafas panjang. Gue ngangguk, kurang tulus sih.. gue ngangguk buat jawab permintaan maaf Riko, bukan jawab pertanyaan Mamah.

**

dua tahun kemudiaaaann..

Keluarga gue kembali Harmonis. Gue kembali dapet kasih sayang dari Mamah, sekaligus kakak gue. Mereka harta gue satu-satunya. Kakak gue sekarang kuliah sambil kerja. Gue? Gue sendiri sekarang kuliah semester pertama di Universitas *sensor*.

Gue bangga,
bangga punya Mamah yang sekarang perhatian sama gue. Kak Riko?? Panggilan gue-elo ke kak Riko udah gue hapus. Sekarang kak Riko ngga lagi mukul-mukulin gue, begitu sebalikna.

Gue percaya, semua itu bisa berubah.
Gue percaya, semuanya pasti ada hasil, ada balesan.
Gue percaya, HIDUP ITU, KADANG TAK ADIL.
Dengan Cinta dan kasih sayang, hidup menjadi berarti.
Ini hidupmu ALL,
ALL DEPEND U :)

END
*****
 

Ga ada sedih2nya ya? HUAAA
coba2 aja kok, Jelek yaa?? Kan masih amatir -_____-

tapi, Makasih udah baca..
Semoga suka yaa *loh

okesip, Joinnya yaaa2 ^^

Created By :Hasna NA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar